6 Langkah mudah Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat [ Wajib tau ] !

- 6 Langkah mudah Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat -

Prolog

Seperti yang kita tahu Ginjal memiliki peran penting dalam makhluk hidup, terutama manusia. Organ Ginjal berfungsi untuk menyaring Urine sisa metabolisme dan membuang racun-racun dari tubuh. Bagaimana jika Ginjal bermasalah sehingga racun-racun tersebut tidak dikeluarkan ?
7 Jenis Penyakit Ginjal dan Penyebabnya [ Wajib Tau ] !
Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga Ginjal kita agak tetap sehat. 6 Langkah mudah ini akan menjaga Ginjal kita Sehat selalu..

6 Langkah mudah Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat, yaitu :

1. Banyak Minum Air Putih

Air putih adalah faktor utama dalam memperlancar kerja Ginjal. Untuk meringankan kerja ginjal, semakin banyak air putih, semakin mudah ginjal melakukan penyaringan. Untuk itu, usahakan minimal 8 Kali Sehari minum Air putih untuk membantu kerja Ginjal kita.

2. Kurangi Konsumsi Garam

Seperti yang kita tau, garam memang berguna bagi kelenjar gondok. Namun jika kita kelebihan garam, akan berdampak pada Penyakit Batu Ginjal. Hal itu disebabkan oleh menumpukkan Kalsium Karbonat disaluran Ginjal atau Kandung Kemih. Yang menyebabkan urine sulit keluar. Maka dari itu kurangi konsumsi garam pada makanan ya.. ! Gunakan secukupnya saja..

3. Mengomsumsi Makanan Sehat dan Higienis

Makanan sehat itu juga harus higienis, artinya terhindar dari kuman dan penyakit. Contohnya minuman yang sudah tidak layak minum sebaiknya dihindari, karena bisa membuat Ginjal kita menjadi kesulitan mencernanya bukan ? Lagi pula juga bisa menyebabkan Penyakit Nefritis.

4. Menjaga Kesehatan Fisik

Menjaga kesehatan fisik bisa dilakukan dengan cukup sederhana. Tidak perlu sulit-sulit pergi ke Gym, atau sebagainya. Cukup dengan olah raga pagi atau berjalan jika menuju tempat yang dekat. Jangan budayakan Menggunakan Motor tanpa mengenal jarak. Hemat Energi dan Jaga Kesehatan itu penting ya !

5. Menghindari Rokok

Haruskah ini ? Tentu ! Rokok sudah terbukti harus dihindari untuk kesehatan organ apapun, termasuk Ginjal. Zat beracun rokok bisa menyebabkan Gagal Ginjal atau melemahnya fungsi ginjal. Jadi Lebih baik uang beli rokoknya ditabung buat nikah tahun depan ya :D

6. Menjaga Kadar Glukosa Darah

Glukosa atau Karbohidrat bisa berasal dari makanan apa saja, asalkan mengandung karbohidrat. Seperti Nasi, gula, coklat, dan sebagainya. Glukosa dapat menyebabkan Diabetes Melitus, dan mengganggu aktivitas sirkulasi darah. Jadi jangan suka yang terlalu manis - manis ya ! Jaga Gigi dan Jaga Ginjal :D

6 Langkah diatas tidak ada yang sulit sama sekali ! tidak perlu terlalu dipikirkan, cukup dipraktekkan setiap hari, maka Ginjal anda akan menjadi sahabat anda selamanya..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Langkah mudah Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat [ Wajib tau ] !"

Post a Comment