7 Jenis Penyakit Ginjal dan Penyebabnya, Wajib tau !

- 7 Penyakit Ginjal dan pencegahannya -

Prolog

Ginjal merupakan organ yang paling vital bagi makhluk hidup, terutama manusia. Ginjal termasuk dalam organ ekskresi, karena mengeluarkan zat sisa. Zat sisa tersebut berupa urine.. Ginjal sendiri berbentuk seperti Biji kacang merah dengan ukuran panjang ±10 cm. Jadi Ginjal kita itu ngga besar-besar amat. Ginjal berfungsi untuk menyaring zat sisa metabolisme dalam darah, dan lain-lain.
Lalu, Kerusakan apa yang bisa terjadi pada ginjal ? apa penyebab dan cara pencegahannya ?

Jenis - jenis Penyakit pada Ginjal

1. Uremia

Tertimbunnya urea dalam darah, sehingga mengakibatkan keracunan. Nama penyakitnya sesuai zat penyebabnya yaitu Urea.

2. Albuminuria

Urine yang mengandung protein Albumin ( protein darah ). Disebabkan oleh proses filtrasi yang tidak sempurna, yaitu pada Glomerulus.

3. Diabetes Insipidus

Penyakit yang disebabkan oleh kurangnya Hormon Vasopresin atau Antidiuretik ( ADH ), yang mengakibatkan hilangnya kemampuan reabsorbsi urine. Akibatnya banyaknya urine yang bisa mencapai 20 liter per hari.
Diabetes itu tidak hanya gula saja lho ya .., bayangin kalau sehari buang air sampe 20 liter ?

4. Diabetes Melitus

Penyakit karena adanya Glukosa dalam urine. Disebabkan oleh menurunnya Hormon Insulin yang dihasilkan oleh Pankreas. Ini dapat diartikan banyaknya gula yang melebihi Hormon Insulin yang dihasilkan. Yang menyebabkan darah menjadi kental dan pekat. Sehingga menyulitkan Ginjal dalam menyaringnya.
Hormon Insulin berfungsi untuk merubah Glukosa darah -> Gula Otot.
Makanya kurangi konsumsi gula ya .. 


5. Nefritis

Ini disebabkan oleh infeksi Bakteri Streptococcus, sehingga menyebabkan adanya protein dalam urine. Akibatnya hampir sama dengan Albuminuria.

6. Batu Ginjal

Ini yang paling sering terjadi di semua usia !
Ini adalah terbentuknya endapan dari Garam Kalsium dan penimbunan Asam Urat sehingga membentuk CaCO3 ( Kalsium Karbonat ). Hal ini terjadi disaluran ginjal atau kandung kemih. Akibatnya sulitnya urine untuk keluar. Batu ginjal dalam dikeluarkan dengan Operasi atau Sinar Laser.

7. Gagal Ginjal

Termasukkan gangguan ginjal yang terjadi karena menurunnya fungsi ginjal, sehingga tidak mampu menyaring urine hasil sisa metabolisme. Ini dapat menyebabkan penimbunan-penimbunan zat sisa yang beracun. Seperti Urea dan Amoniak yang tidak tersaring dan tertinggal di darah sehingga menyebabkan rusaknya organ yang dilewati darah. Dapat mengakibatkan perdarahan dan fungsi jantung terhenti secara tiba-tiba.
Alternatifnya dengan cara Pencangkokan Hati ( Donor ginjal ) atau Cuci Darah ( Dialisis ).

Dari 7 masalah diatas kita dapat lihat bahwa Ginjal harus dijaga dengan baik agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Mencegah lebih baik dari pada mengobati ya ..

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "7 Jenis Penyakit Ginjal dan Penyebabnya, Wajib tau !"

  1. ane harus lebih hati-hati nihh

    ReplyDelete
  2. jangan sampe kena sakit kek gini , harus lebih hati hati karena sehat itu mahal

    ReplyDelete
  3. kalo admin sendiri punya penyakit jenis ginjal yang mana??? :d

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete