Metode Cara Menghitung Cepat Matematika Melakukan Perkiraan dan Mendapat Jawaban Lebih Cepat ? Estimasiin Aja ! [ Matematika Dasar ]

Matematika dasar - Estimasi in aja !


Pengantar

Matematika termasuk pelajaran yang bermain nilai dan angka. Nilai dan angka yang dihitung juga perlu tepat perhitungannya. Oleh karena itu matematika menjadi pelajaran yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Namun apakah selalu kita harus menghitung secara tepat ?

Metode menghitung cepat dan tepat tentu memakan banyak waktu. Namun dengan waktu yang singkat kita bisa mendapat jawaban tepat dengan melakukan perkiraan.



Perkiraan

Perkiraan adalah pendekatan dari suatu nilai. Kita memperkirakan sesuatu disaat kita tidak perlu tahu secara tepat suatu nilai tetapi cukup mencari nilai yang mendekati.

Memperkiraan berarti kita mencari mencari nilai terdekat dari nilai asli yang dituju. Kita melakukan perkiraan dengan mengenali faktor yang memiliki pengaruh besar, melakukan perhitungan sederhana, dan bisa juga memperbaiki perkiraan tersebut jika dibutuhkan.

Kita bisa coba test dalam sedikit contoh berikut.



Membayangkan Yuk !

Perkiraan dapat membantu kita mempercepat pengecekan kembali pada jawaban kita. Kita bisa mengelimininasi jawaban yang salah yang mana memiliki nilai yang jauh dari perkiraan. Setelah itu kita bisa memperkecil kemungkinan jawaban dan mungkin saja menemukan satu jawaban terakhir yang paling mendekati.

Singkatnya, kita bisa membulatkan nilai yang rumit dan melakukan sedikit manipulasi.

Berapa nilai 41 x 69 ?  

Sedikit pembulatan 41 menjadi 40 dikali dengan 69 menjadi 70, sehingga diperkiraan nilainya mendekati 2800. dan ternyata hasilnya 2829 dan perkiraan tadi adalah perkiraan yang cukup mendekati dan masuk akal.

Pembulatan kecil-kecilan tadi bisa digunakan untuk operasi lain, misalnya pembagian, pertambahan, pengurangan, dsb.

Berikutnya, kita bisa memahami lebih jauh pada bagian contoh dan permasalahan.



Contoh dan Permasalahan

Contoh berikut dan permasalahannya dapat membantu kalian agar lebih faham teknik kali ini.

Contoh 1

Contoh 1

Dari contoh 1, perkiraan dicapai dengan melihat faktor yang pengaruh. Nilai yang berpengaruh adalah 2 dan 43 dimana hasil perkaliannya 86. Jadi nilai kira-kira total uangnya adalah 85 000 ( C ).

Nilai 1000 dalam 43 000 diabaikan karena tidak memberikan pengaruh pada jawaban yang ingin dituju. Pengaruh yang dimaksud adalah karena semua jawabannya memiliki kelipatan nilai 1000 maka nilai 1000 dapat diabaikan.


Sekarang coba kita uji pada latihan soal berikut.
Latihan 1

Silakan dijawab sendiri ya, jika kesulitan bisa diskusi dengan teman atau di kolom komentar ya.


Contoh 2

Contoh 2

Pengambilan nilai yang signifikan yaitu 9 dan 48. Nilai 48 bisa dibulatkan menuju 50. Ditemukan nilai perkiraan yaitu perkalian 9 dengan 50, hasilnya $450 ( C ).

Permasalahan kali ini memiliki sedikit manipulasi, yaitu pembulatan pada nilai yang mudah dihitung. Agar 48 mudah dikalikan, bisa dibulatkan 50 dan melakukan perkiraan perkalian.


Selanjutnya latian kedua.
Latihan 2


Contoh 3

Contoh 3

Harga buku 89 dibulatkan menjadi 90 dan dikali 10 hasilnya 900. Harga pensil 108 dibulatkan menjadi 110 dikali 10 hasilnya 1100. Maka perkiraan harga didapat sebesar 900 + 1100, yaitu 2000 ( C ).

Kali ini kita melakukan pembulatan lalu perkalian dan dilanjutkan penjumlahan. Tentunya dengan latihan sebelumnya masalah ini dapat diselesaikan dengan lebih cepat daripada biasanya.


Latihan yang ketiga.
Latihan 3

Latihan 3 dapat dijadikan latihan penutup. Selanjutnya bisa cek latihan-latihan berikutnya untuk meningkatkan pemahaman dan kecepatan merespon faktor-faktor penting dalam perkiraan.



Penutup

Estimasi atau Perkiraan memiliki banyak variasi dan penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Memang secara alami otak manusia melakukan estimasi untuk mempercepat perhitungan. Dengan mengasah kemampuan estimasi kita, maka semakin cepat juga kita melakukan perkiraan dan mungkin saja melakukan perhitungan tepat secara kasar dengan cepat.



Lihat Selanjutnya ...

Bisa dilanjutkan latihan-latihan soal dan mengecek materi berikutnya.
- Latihan soal estimasi dan perkiraan
- Coba dan Cari Kesalahan, Trial and Error
- Materi Matematika Dasar Lainnya



Referensi

-  Estimation. Brilliant.org. Retrieved 14:16, December 13, 2019, from https://brilliant.org/wiki/sat-estimation/.  Diakses Desember 13, 2019.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Metode Cara Menghitung Cepat Matematika Melakukan Perkiraan dan Mendapat Jawaban Lebih Cepat ? Estimasiin Aja ! [ Matematika Dasar ]"

Post a Comment